Sungai merupakan bagian penting dari lingkungan. Keberadaan sungai berfungsi sebagai badan air untuk mendistribusikan air dalam siklus hidrologi. Disamping itu sungai sebagai tempat tinggal bagi beberapa spesies ikan air tawar asli, antara lain wader, tawes, melem dan lain sebagainya.

Di wilayah Yogyakarta banyak daerah aliran sungai yang ditumbuhi tanaman bambu. Di negara-negara Asia Timur, Asia Tenggara dan Afrika, hutan bambu adalah termasuk jenis hutan yang penting untuk kehidupan. Bambu adalah tanaman serbaguna, selain untuk kebutuhan rutin bagi industri juga untuk perlindungan lingkungan. Bambu mempunyai sumber daya yang besar yakni untuk pengendalian erosi tanah, konservasi air, rehabilitasi lahan rusak dan juga untuk penyerapan karbon di alam bebas sehingga memberikan masa depan yang menjanjikan.

Salah satu sungai yang ditumbuhi rumpun bambu adalah daerah aliran Sungai Opak yang terletak di Dusun Bintaran, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Rumpun bambu yang tumbuh rimbun dan teduh dimanfaatkan oleh pengelola Gerbang Banyu Langit (GBL) sebagai objek wisata tanpa harus mengorbankan lingkungan alami rumpun bambu. Di sini terjadi titik temu keseimbangan pemanfaatan secara ekonomi dan menjaga kelestarian alam.

Gambar 1. Pendapa pada objek wisata Gerbang Banyu Langit yang terbuat dari material bambu yang diperoleh dari sekitar namun tetap mempertimbangkan kelestarian rumpun bambu.

Akses menuju GBL sangat mudah untuk dicapai baik menggunakan kendaraan bermotor, sepeda, maupun mobil pribadi. GBL dapat dicapai kurang lebih satu setengah jam dari Bandara Yogyakarta International Airport (NYIA). Rute dari NYIA langsung ke Jalan Wates hingga sampai di Ring Road Jogja kemudian masuk jalan Jogja-wonosari km 11,5 sebelah timur jembatan pasar wage masuk ke selatan kurang lebih 200m sudah berupa jalan aspal desa dengan lebar 3,5 meter. Selain itu fasilitas GBL di dukung dengan area parkir yang luas dan teduh serta kapasitas tempat wisata yang luas untuk menampung pengunjung. Namun GBL belum mampu untuk menampung rombongan dengan menggunakan bus karena area untuk manuver tidak cukup untuk bus ukuran medium ke atas.

Untuk wisatawan yang ingin menuju Gerbang Banyu Langit dari Malioboro, bisa belok ke timur menyusuri Jalan Kusumanegara, lalu belok kanan menuju Jalan Gedongkuning, dan belok kiri menuju Jalan Wonosari. Perjalanan bisa memakan waktu sekitar setengah jam.

Gambar 2. Akses masuk dari jalan utama Yogya-Wonosari.
Gambar 3. Akses masuk ke lokasi.
Gambar 4. Area Parkir GBL

Salah satu icon wisata GBL adalah menara yang terbuat dari bambu. Banyak wisatawan yang berfoto di depan icon tersebut. Faktor keamanan dan kenyamanan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan terhadap bangunan yang menggunakan material dari bamboo. Oleh karena perlu dilakukan rekayasa dan pengawetan pada material bambu sebelum digunakan sebagai bahan konstruksi pada GBL. Perawatan secara rutin juga menjadi agenda wajib bagi pengelola, supaya kalau ada bagian yang lapuk baik karena cuaca maupun penyebab lainnya dapat segera diketahui dan diperbaiki. Pada saat ini, kondisi icon tersebut perlu mendapatkan perhatian dan perawatan khusus supaya tidak berpotensi insiden bagi wisatawan.

Gambar 5. Menara GBL

Dalam sebuah kawasan ekowisata, harmoni antar bangunan dan fasilitas menjadi hal yang penting. Hal yang terasa kurang cocok di GBL adalah foodcourt yang bahan konstruksinya terbuat dari baja ringan. Bangunan ini dikhawatirkan mengurangi suasana asri pada lingkungan GBL. Namun demikian mungkin alasan untuk menggunakan bahan tersebut karena lebih ekonomis dari segi cost pembangunan. Foodcourt ini jika ke depannya menggunakan material senada dengan nuansa alam area GBL, maka akan semakin menikmati suasana serta menimnbulkan keinginan mengunjungi kembali. Di samping sisi pelestarian ekosistem GBL memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai wisata edukasi.

Gambar 6. Saung/foodcourt GBL

Dengan berkunjung ke GBL kita telah berperan dalam upaya pelestarian ekosistem alam dan membantu menggerakan ekonomi warga sekitar.

see you there!!!


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + 17 =