Terletak di Bintaran Kulon, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Gerbang Banyu Langit (GBL) menyuguhkan berbagai atraksi dan keindahan dari sungai opak. Sungai ini dirawat sedemikian rupa oleh warga sekitar agar bisa digunakan bermain kano dan mengarungi sungai bersama-sama. Ketika kemarau, sungai tidak begitu dalam sehingga anak kecil maupun orang dewasa bisa jeguran di sungai.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gerbang Banyu Langit (@gerbangbanyulangit)

Selain penyewaan kano, ada banyak hal yang ditawarkan dari GBL. Yang pertama adalah ikon GBL yaitu bangunan berbentuk seperti gerbang yang mengarah ke sungai. Hampir semua wisatawan meluangkan waktu untuk berfoto disana.

ikon lain yang menjadi identitas dari GBL, yaitu joglo pendopo yang berada di tengah area

Joglo bergaya Jogja ini berfungsi sebagai pusat hiburan dari GBL. Setiap hari Sabtu dan Minggu, di pendopo joglo ini ada hiburan organ tunggal yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk karaoke. Di hari besar atau hari-hari spesial kadang ada hiburan kebudayaan lain yang menarik wisatawan, seperti dangdut, campursari, hingga wayangan. Bahkan kadang pendopo ini digunakan beberapa warga untuk menggelar hajatan pernikahan. Sebuah pendopo yang sangat multifungsi.

Di samping pendopo, ada semacam area lapang luas yang dinaungi pepohonan bambu, sehingga area tersebut menjadi teduh dan sejuk. Di sini, para pengunjung dapat bermain dan melakukan aktivitas dengan bebas. Kadang di Minggu pagi juga ada senam yang diadakan.

Masih di area yang sama, juga disediakan tempat bermain bagi anak-anak. Jadi, bagi pengunjung yang berencana mengajak buah hati, tenang saja, di sini anak-anak bisa bermain dengan bebas.

Ketika sungai deras, kadang anak-anak dihimbau untuk tidak berenang di sungai. Nah, pengelola sudah mengatasinya dengan menghadirkan wahana kolam renang yang bisa digunakan oleh anak-anak.

Di belakang pendopo, ada food court dengan berbagai stand makanan yang menjamin para pengunjung tidak keroncongan. Ada berbagai menu yang ditawarkan, dan seperti tempat wisata Jogja lainnya, harganya sangat terjangkau. Namun jangan lupa untuk menyiapkan uang cash karena para penjual disini belum menggunakan sistem cashless.

Beberapa contoh menu yang ditawarkan yaitu soto ayam, sop ayam, lotek, pecel, nasi welut, dan berbagai minuman segar maupun tradisional. Berikut salah satu contoh makanan yang bisa dipesan oleh pengunjung.

Jangan khawatir bagi pengunjung muslim yang hedak menunaikan sholat, karena di GBL sudah ada Mushola sendiri lengkap dengan toilet untuk memudahkan para pengunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six + 16 =