Pariwisata berbasis masyarakat atau dikenal dengan istilah Community Based Tourism (CBT) adalah kegiatan kepariwisataan yang sepenuhnya dimiliki, dijalankan, dan dikelola oleh masyarakat sehingga berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. CBT diimplementasikan melalui mata pencaharian yang berkelanjutan, perlindungan tradisi sosial-budaya, sumber daya alam dan warisan budaya. Secara konseptual pembangunan pariwisata berbasis masyarakat menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan melalui pemberdayaan dalam berbagai kegiatan kepariwisataan sehingga manfaat dari pariwisata sebesar-besarnya dirasakan langsung oleh masyarakat.

Salah satu tempat wisata yang sedang berkembang dan naik daun di Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul  adalah Batu Kapal. Tempat wisata ini di kembangkan dan di kelola oleh masyarakat sekitar, masyarakat berperan dalam pengembangan pariwisata ini antaralain :

  1. Kerja bakti
  2. Penataan jalan
  3. Pembuatan gazebo
  4. Penataan tempat parkir
  5. Pembuatan taman
  6. Kebersihan.
  7. Berjualan makanan dan minuman.
  8. Foto untuk wisatawan.

Guna menunjang kenyamanan di wisata Batu Kapal dibangun tempat kuliner, souvenir dan aneka oleh-oleh yang harganya sangat terjangkau oleh masyarakat. Ada sekitar 22 tempat kuliner yang menjual berbagai macam makanan diantaranya Bakso, mie ayam, sego wader, soto betawi, soto bathok, kupat tahu, sop ayam, nasi sambel welut, rica-rica, pecel ayam/lele, tempura, nasi pecel, nasi rames,dsb. Harga sangat murah dan sangat terjangkau mulai Rp 6.000 s/d 10.000. Untuk kenang-kenangan di wisata Batu Kapal juga menyediakan tempat souvenir antara lain kaos, stiker dan aneka oleh-oleh yang harganya juga sangat terjangkau.

Dalam menunjang kemeriahan dan hiburan pengunjung, wisata Batu Kapal menyediakan panggung kesenian dan hiburan yang biasanya digunakan untuk  event-event organ tunggal, senam masal, perayaan ulang tahun dsb.

Kunjungan anda ke Wisata Batu Kapal memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pariwisata berbasis masyarakat serta peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Mari berwisata sekaligus mensejahterakan masyarakat…… (maryoko, Des 2020).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven + 11 =