Jogja sebagai salah satu kota wisata, memiliki berjuta pesona untuk memanjakan pengunjungnya. Banyak sekali tempat wisata yang menyajikan keindahan alam yang bisa menyegarkan pikiran. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah Taman Wisata Batu Kapal yang terletak di Piyungan, Bantul.

Sungai Opak

Taman wisata ini berbentuk sungai dengan berbagai batuan. Batuan yang ada di sepanjang sungai ini terbentuk dari lava cair gunung api purba yang membeku. Struktur batuan ini masih satu formasi geologis dengan Taman Wisata Lava Bantal yang ada di Berbah Sleman. Dapat dlihat dari foto, struktur batuan tersebut sangat indah dan menarik wisata. Dengan berbagai potensi itulah, masyarakat sekitar bahu-membahu mengembangkan kawasan ini menjadi sebuah tempat wisata.

Batu Besar Berbentuk Kapal

Banyak hal yang dapat dieksplor di Batu Kapal ini, salah satunya adalah ikon dari tempat wisata ini yang juga menjadi asal usul penamaannya, yaitu batu yang besar dan menyerupai kapal. Di sini, para pengunjung dapat berfoto-foto untuk dijadikan kenang-kenangan. Tenang saja, ada fotografer yang bisa disewa untuk mengabadikan momen wisatawan.

Batu Berbentuk Kapal

Warna Air Sungai

Warna air sungainya, bergantung kepada musim ketika wisatawan datang ke Batu Kapal. Di musim penghujan, arus sungai lebih deras, muka air sungai cukup tinggi dan warnanya kecoklatan. Wisatawan yang berdiri diatas Batu Kapal serasa sedang berlayar di arus yang deras. Ketika di musim kemarau, air sungainya tenang dan berwarna hijau kebiruan. Ketika itu, foto yang dihasilkan akan lebih eksotis.

Ketika Musim Penghujan

Ketika Musim Kemarau

Akses ke Batu Kapal

            Taman Wisata Batu Kapal dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi seperti mobil maupun sepeda motor. Tempatnya yang berada di pedesaan mungkin sedikit membingungkan. Tapi di sepanjang jalan menuju tempat wisata, sudah ada berbagai tanda yang mengarahkan ke tujuan.

Bagi yang ingin pergi ke Batu Kapal, dapat mencari lokasinya pada Google Maps di sini. Batu Kapal dapat dicapai kurang lebih satu setengah jam dari Bandara Yogyakarta International Airport. Rutenya yaitu dari NYIA langsung ke Jalan Wates hingga sampai di Ring Road Jogja, lalu menuju Jalan Wonosari hingga sampai ke Pasar Wage, belok ke utara dan menyusuri jalan-jalan pedesaan.

            Untuk wisatawan yang ingin menuju Batu Kapal dari Malioboro, bisa belok ke timur menyusuri Jalan Kusumanegara, lalu belok kanan menuju Jalan Gedongkuning, dan belok kiri menuju Jalan Wonosari. Perjalanan bisa memakan waktu sekitar setengah jam.

            Tenang saja bagi wisatawan yang kebingungan ketika di jalan pedesaan, dapat bertanya ke warga sekitar, pasti akan dibantu. Warga sekitar Batu Kapal sangat ramah, karena mereka sadar bahwa mereka juga membutuhkan wisatawan yang datang ke Batu Kapal agar ekonomi terus berjalan.

Fasilitas di Batu Kapal

            Taman Wisata Batu Kapal memiliki lahan parkir yang luas dan teduh, sehingga tidak perlu khawatir tentang itu. Sejak di pintu masuk pun sudah terlihat banyak stand makanan berjajar yang siap melayani pengunjung agar tidak kelaparan.

Stand Makanan

Ciri khas Jogja adalah makanannya relatif murah ketimbang daerah lainnya, sehingga untuk sekedar jajan disini pun tidak akan terlalu menguras kantong pengunjung. Sayangnya, stand-stand makanan disini belum menerima sistem cashless  sehingga sebelum menuju ke sini lebih baik dipersiapkan uang cash.

            Setiap hari Minggu, di sekitar stand makanan ini diadakan live music seperti dangdut maupun keroncong yang akan menghibur para pengunjung dan membuat pikiran menjadi rileks. Pengunjung pun kebanyakan datang ketika hari Minggu dan hari libur lainnya.

            Untuk fasilitas lain pun sudah lebih dari cukup. Toilet yang ada di kawasan ini pun sudah bersih dan memadai dengan total sekitar 3 toilet. Ada pula toko baju yang menjual baju ganti semisal ingin jeguran di sungai. Banyak warga sekitar juga yang bisa diajak bercengkerama, karena memang ramah-ramah.

            Taman Wisata Batu Kapal memang tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Jadi, kami tunggu kedatangan kalian ke sini yaaa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × two =